Ada Museum Toilet di India!

paketours.blogspot.com > informasi pariwisata > Ada Museum Toilet di India!n

Ada Museum Toilet di India! - New Delhi - Pernah membayangkan masuk ke sebuah museum penuh toilet? Pengalaman itulah yang ditawarkan oleh Sulabh Toilet Museum di New Delhi, India. Di sini, wisatawan bisa melihat koleksi toilet dari berbagai tempat dan zaman!

India memang punya masalah dengan kualitas lingkungan di sana, terutama air dan sanitasinya. Tapi, justru hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya museum toilet pertama dan satu-satunya di dunia.

Sulabh Toilet Museum di New Delhi, India (sulabhinternational.org)

Sulabh International Social Service Organization adalah sebuah LSM yang fokus pada bidang sanitasi di pedalaman India, termasuk penyediaan toilet umum. Pendiri organisasi ini, Dr Bindershwar Pathak, kemudian membuat sebuah museum di sekitar kantor pusatnya di Mahavir Enclave, Palam Dabri Road, New Delhi.

Inilah yang kemudian menjadi museum toilet. Museum ini punya koleksi toilet dari berbagai negara, tak hanya India. Selama berkeliling di Sulabh Toilet Museum, Anda bisa melihat beragam toilet unik yang dulu pernah digunakan!

Ada toilet portabel dari kayu yang sangat klasik, ada yang bentuknya seperti kursi teras, ada juga yang "menyamar" jadi sofa. Toilet bergaya Austria menjadi favorit wisatawan di sini. Warna dasarnya putih gading, dipercantik dengan motif bunga aneka warna. Klasik dan cantik!

Dari situs resmi Sulabh Toilet Museum yang dikunjungi detikTravel, Kamis (10/9/2012), para turis juga bisa melihat toilet yang lain dari biasanya. Toilet elektrik buatan Australia misalnya, akan langsung membakar kotoran!

Di bagian luar museum, Anda bisa melihat hasil karya Sulabh berupa deretan toilet umum ramah lingkungan. Toilet-toilet ini hanya butuh US$ 25 untuk biaya pembuatannya! Beranjak ke bagian lain, Anda bisa melihat sistem penyaringan toilet umum higienis yang diciptakan Sulabh.

Mesin-mesin ini mengekstrak nutrisi dari kotoran manusia, lalu menambahkan gas metanol untuk berbagai keperluan seperti memasak. Air hasil penyaringannya juga bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman, dan sebagainya.

Selain melihat koleksi toilet dari seluruh dunia, Sulabh Toilet Museum juga mengedukasi wisatawan tentang sejarah perkembangan toilet. Mulai dari bahan, desain, dan teknologi toilet di masa lampau sampai bisa modern seperti sekarang.

Museum ini buka tiap Senin-Sabtu, mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Tak perlu merogoh kocek karena museum ini gratis!

sumber :
http://travel.detik.com/read/2012/09/20/181610/2028482/1383/ada-museum-toilet-di-india?vt22021381
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...