Seluruh Hotel di Bandung Segera Jadi e-Hotel

home > informasi pariwisata > Seluruh Hotel di Bandung Segera Jadi e-Hotel

ilustrasi (ist)

Jakarta - Tak lama lagi, seluruh hotel yang ada di Bandung akan mengimplementasikan e-Hotel. Dampaknya dinilai positif bagi perkembangan industri hotel, khususnya untuk meningkatkan layanan booking dan manajemen kamar.

Inisiatif ini terus digenjot oleh Telkom Divisi Business Service (DBS) yang menyatakan keseriusannya menggarap pasar perhotelan yang tengah tumbuh pesat di Jawa Barat, khususnya di Bandung.

"Jika awalnya kami hanya melayani industri perhotelan dalam bentuk akses connectivity, kini kami mulai masuk menawarkan aplikasi e-Hotel yang juga dibutuhkan dunia perhotelan," kata Deputy Executive General Manager DBS Prasabri Pesti kepada detikINET, Selasa (25/12/2012).

Menurutnya, aplikasi e-Hotel ini sangat penting karena mendukung peningkatan layanan dan pertumbuhan nilai bisnis Hotel itu sendiri. Mulai dari layanan booking, manajemen kamar, hingga pengembangan hotel ke depannya. "Aplikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan hotel," ujarnya.

Aplikasi e-Hotel yang disediakan Telkom, target awalnya adalah menyasar hotel-hotel bintang tiga ke bawah. Salah satu keunggulan aplikasi yang disediakan adalah berbasis cloud dan sifatnya transaksional. Sehingga, pengusaha hotel tidak perlu lagi memikirkan investasi server ataupun memikirkan biaya fixed bulanan.

"Cukup membayar senilai tertentu per transaksi yang ada, artinya akan sangat mendukung bagi pemilik hotel yang memang konsen untuk berkembang," papar Prasabri.

Dalam inisiatif e-Hotel ini, Telkom juga menggandeng komunitas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Bahkan Telkom dengan PHRI Jabar yang telah menandatangani nota kesepahaman, sepakat untuk bekerja sama mengembangkan bisnis perhotelan di Jabar sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Wientor Rah Mada, Sekjen PHRI Jabar yang juga praktisi konsultan perhotelan di Bandung, mengungkapkan bahwa salah kunci untuk kemajuan layanan hotel adalah pada pemanfaatan teknologi informasi komunikasinya.

Menurutnya, akses internet maupun aplikasinya menjadi bagian tak terpisahkan bagi sebuah hotel. Mulai untuk kegiatan promosi, hingga manajemen hotel sendiri.

"Kami sangat mendukung penuh keinginan Telkom untuk menyiapkan aplikasi maupun akses internet bagi pelaku bisnis perhotelan di Jabar ini. Karena pasti akan meningkatkan layanan perhotelan itu sendiri," tukas Wientor yang juga dalam aktif sebagai Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

sumber :
http://inet.detik.com/read/2012/12/25/125907/2126293/319/seluruh-hotel-di-bandung-segera-jadi-e-hotel
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...