Di Bali, Salak Disulap Jadi Wine

paketours.blogspot.com > kuliner > Di Bali, Salak Disulap Jadi Wine

Di Bali, Salak Disulap Jadi Wine - Wine, yang biasa dibuat dari anggur, kini bisa produksi dari buah salak. Masyarakat di Kabupaten Karangasem, Bali, merintis minuman beralkohol ini. “Wine salak”, begitu sebutannya, menggunakan jenis salak bali sebagai bahan baku utama.

Kabupaten ini menjadi daerah pemasok salak bali. Saat panen tiba, ratusan ton bisa dihasilkan. Meski begitu, harga salak bali seringkali berfluktuasi. Untuk mendapatkan laba, salak harus pada posisi harga Rp 10 ribu per kilogram. Dan, untuk membuat satu botol wine salak, diperlukan satu kilogram salak.


“Jika salak tersebut bisa diolah dengan baik menjadi wine salak, maka dipastikan dapat menyetabilkan harga salak,” ujar I Wayan Geredeg, Bupati Karangasem, seperti dikutip Republika.

Harga jual wine salak cukup mahal. Satu botolnya mencapai Rp 200 ribu. Namun, itu harga untuk konsumen langsung. Produsen atau petani hanya menjualnya Rp 26 ribu kepada distributor. Dan, distributor menjualnya seharga Rp 100 ribu ke pengecer sebelum dipasarkan langsung ke konsumen.

paketours.blogspot.com > kuliner > Di Bali, Salak Disulap Jadi Wine
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...