Menikmati Kopi Sehat dengan Ricebran Coffe

paketours.blogspot.com > kuliner > Menikmati Kopi Sehat dengan Ricebran Coffe

Menikmati Kopi Sehat dengan Ricebran Coffe - Ini dia kopi yang tidak biasa. Perpaduan kopi dengan bekatul melahirkan Ricebran Coffe sebagi sebuah inovasi. Tidak hanya memberikan kenikmatan secangkir kopi. Kopi bekatul ini diyakini memiliki manfaat kesehatan yang cukup baik.

Bekatul sendiri memiliki serat tidak larut, yang baik untuk mengusir lemak di usus.Vitamin B1 dan B2-nya, bermanfaat untuk menghindari risiko nyeri syaraf. Selain itu, bekatul juga mengandung zat antioksidan melalui vitamin E, B15, dan oryzanol yang dimilikinya.


Ricebran Coffe lahir dari racikan Fuad Assani, Mathias Mahendra, Mila Permatasari, Sieta Rahmawati, dan Yuntia Astutisari. Mereka mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, yang mengawali langkahnya dari Program Kreativitas Mahsiswa (PKM) 2011. Dana pengembangan sebesar Rp 4,5 juta dari Dikti dipakai untuk mengembangkan kopi bekatul setelah proposal usaha mereka lolos seleksi.

“Kandungan gizinya juga cukup tinggi dan ditambah komponen bioaktif oryzanol, tokoferol, dan asam ferulat menjadikan bekatul sebagai bahan baku yang berpotensi untuk dijadikan pangan fungsional,” kata Fuad Assani, sebagimana dikutip Suara Merdeka Online.

Meracik kopi bekatul tidaklah sulit. Sebelum dicampur kopi, bekatul disaring hingga didapatkan hasil yang halus. Dari berat bekatul kasar, biasanya hanya separuhnya yang bisa dipakai sebagai campuran kopi bekatul. Lalu, bekatul itu di kukus dan disangrai. Selanjutnya, tinggal diolah bersama kopi. Dengan perbandingan bekatul 1 kilogram dan 500 gram kopi robusta, maka didapatkan sekitar 40 cup kopi bekatul segar.

Ricebran Coffe ditawarkan dengan harga Rp 5 ribu per cup 350 ml. Tersedia rasa coklat, strawberry, dan blueberry. Biar makin nikmat, setiap cup akan ditambahkan susu segar sebanyak 150 ml. Dan, setiap hari, kopi bekatul ini terjual sekitar 20-30 cup. Namun, saat ini Ricebran Coffe baru bisa dapatkan di kantin FEB UGM. (sidomi)
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...