Wednesday, April 17, 2013

Taman Sitti Nurbaya

| Wednesday, April 17, 2013
paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Taman Sitti Nurbaya

Taman Sitti Nurbaya - Taman Sitti Nurbaya atau Taman Gunung Padang adalah sebuah tempat berupa taman yang sangat indah di ketinggian dan ditumbuhi pepohonan rindang yang terletak di sebelah barat Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Taman ini merupakan salah satu kawasan wisata di Padang yang berada di puncak bukit di muara Batang Arau yang dikenal sebagai Gunung Padang.

Sesuai dengan namanya, sebelum sampai ke taman ini, dapat ditemukan setumpukan batu yang dipercaya sebagai makam Sitti Nurbaya, tokoh perempuan dalam novel karangan Marah Rusli berjudul Sitti Nurbaya yang diceritakan menjalin cinta dengan Samsulbahri tetapi dijodohkan paksa dengan Datuk Maringgih. Sekitar 500 meter dari kawasan ini, terdapat sebuah jembatan yang melintang di atas Batang Arau (di dekat pelabuhan Muaro) yang juga dinamakan sebagai Jembatan Sitti Nurbaya.

Taman Sitti Nurbaya

Akses
Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp2.000 per orang. Setelah itu, pengunjung akan melalui jalan setapak dan menaiki anak tangga sepanjang sekitar 1 km yang terbuat dari semen. Di kaki bukit terdapat pula beberapa meriam sisa peninggalan pada masa penjajahan. Sebelum sampai ke puncak bukit, pengunjung dapat menemui makam Sitti Nurbaya. Setelah sampai di puncak, pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan Kota Padang dan lautan yang membentang di sisinya.

Makam Sitti Nurbaya
Makam Sitti Nurbaya dapat dicapai setelah menempuh perjalanan menaiki anak tangga sepanjang sekitar 1 km, atau sekitar 100 meter lagi sebelum sampai ke puncak bukit. Kondisi tangga baik karena sudah disemen. Makam Sitti Nurbaya sendiri terletak di balik bebatuan besar dengan diameter sekitar tiga meter yang membentuk celah kecil sebagai pintu masuk.

paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Taman Sitti Nurbaya

Related Posts

No comments:

Post a Comment