Monday, April 8, 2013

Vitamin Sayuran Bisa Hilang Gara-Gara Pisau Tumpul

| Monday, April 8, 2013
paketours.blogspot.com > kuliner > Vitamin Sayuran Bisa Hilang Gara-Gara Pisau Tumpul

Vitamin Sayuran Bisa Hilang Gara-Gara Pisau Tumpul - Piranti memasak mempunyai andil untuk mempertahankan nutrisi yang ada dalam bahan makanan, terutama sayuran. Pisau, misalnya. Semakin tajam pisau yang dipakai untuk mengiris sayuran, maka nutrisinya tidak banyak yang hilang.

Kebalikannya, pisau tumpul akan merusak serat yang terkandung pada sayuran. Dinding selnya juga ikut rusak yang berimplikasi pada hilangnya vitamin di dalamnya. Penyebabnya adalah terlalu seringnya pisau bergesekan dengan sayuran akibat tumpul.


Pentingnya dinding sel pada sayuran yaitu sebagai pengunci vitamin. Jika dinding tersebut terlalu banyak terkoyak oleh pisau tumpul, maka vitamin akan lepas dari tempatnya. Akibatnya, tidak maksimal asupan vitamin yang didapatkan.

“Kalau pisaunya tajam, gesekan antara sayur dan pisau lebih kecil karena memotong hanya dalam sekali potong,” ujar Margie Gunawan, chef dan sekretaris Indonesian Chef Assosation (ICA), seperti dikutip Kompas.

Dan, sebaiknya, segera masak sayuran itu. Membiarkannya terlalu lama sebenarnya juga berandil pada rusaknya zat bermanfaat di dalamnya.

“Potongan sayur maupun buah dapat terpapar papan, cahaya, dan oksigen, si perusak zat gizi,” ungkap Margie. (sidomi)

paketours.blogspot.com > kuliner > Vitamin Sayuran Bisa Hilang Gara-Gara Pisau Tumpul

Related Posts

No comments:

Post a Comment