Wingko Babat: Terkenal di Semarang, Asli dari Lamongan

paketours.blogspot.com > kuliner > Wingko Babat: Terkenal di Semarang, Asli dari Lamongan

Wingko Babat: Terkenal di Semarang, Asli dari Lamongan - Ada satu cemilan yang terkenal di Semarang, tapi bukan asli dari daerah tersebut. Namanya wingko babat. Cemilan yang terbuat dari kelapa, tepung ketan, gula, dan perasa ini cukup dicari sebagai oleh-oleh bagi pendatang di Semarang yang ingin kembali ke asalnya.

Rasa originalnya cukup manis dan gurih. Serat parutan kelapanya terasa sekali di lidah. Kelembutan dalam setiap gigitan terasa enak. Dengan ukuran porsi cukup kecil, membuat selera makan tergugah untuk terus menambah lagi. Selain itu, ada pula wingko babat yang dipadu dengan perasa coklat, durian, dan pandan. Variasi rasa membuat kudapan ini semakin nikmat.


Wingko babat aslinya dari daerah Babat yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Di kota kecil dekat Bojonegoro itu, wingko babat sudah menjadi barang produksi penopang kehidupan masyarakat. Gara-gara ada pengusaha wingko dari Babat yang hijrah ke Semarang, akhirnya makanan ini dikenalkan ke masyarakat setempat. Respon masyarakat ternyata bagus dan menjadikan wingko babat semakin populer di sana.

Biasanya wingko dikemas dalam bentuk bundaran kecil. Diameternya kira-kira 5-8 centimeter, dengan tebal lebih kurang lebih satu sentimeter. Atau, ada juga yang mengemasnya dalam bentuk kotak tebal. Luarnya cukup garing, tapi dalamnya lembut dan berserat.

Satu keping wingko biasa dikemas dalam satu bungkus kertas kecil. Harganya cukup terjangkau. Satu kepingnya sekitar seribu rupiah. Beli paketan pastinya lebih murah. Ada beberpa merek yang bisa dipilih. Dan, mudah sekali mendapatkan wingko di Semarang. Tinggal kunjungi pusat oleh-oleh yang ada. Karena, hampir selalu tersedia. (sidomi)
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...