Sunday, June 2, 2013

Masjid Jami' Baiturrohman 1 Robayan

| Sunday, June 2, 2013
paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Masjid Jami' Baiturrohman 1 Robayan

Masjid Jami' Baiturrohman 1 Robayan - Masjid Jami' Baiturrohman I Robayan merupakan salah satu masjid tua di Jepara, yang berada di Robayan. Masjid ini kelihatannya masih baru, tapi sejatinya masjid ini sudah ada bahkan sebelum ada kolonialisme Belanda.

Lokasi
Masjid Jami' Baiturrohman I terdapat di Jalan Raya Gotri-Welahan KM 1, tepatnya di Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

Sejarah
Masjid ini di bangun oleh Pembabat hutan yang sekarang menjadi Desa Robayan sekaligus pendiri desa Robayan yaitu Mbah Roboyo. Masjid ini pernah di bom oleh Meriam Belanda, tetapi Bomnya tidak mampu meledakan Masjid tetapi malah meleset ke Pasar Kerajaan Kalinyamat, yang sekarang pasar yang dibom tersebut di berinama Kutha Bedhah (Kota Meledak).

Gambaran Umum

Gapura Masjid
Walaupun sekarang sudah di renovasi dan bentuk awalnya sudah tidak kelihatan lagi, tetapi ada yang tidak di ubah dan dibiarkan masih seperti aslinya yaitu pada Gapura Masjid. bentuk GAPURA pada Masjid Jami' Baiturrohman I Robayan yang menggambarkan bentuk akulturasi Arsitektur Hindu -Islam. Gapura Masjid tersebut terdapat piring-piring cina, kemungkinan dulu Mbah Roboyo mendapatkan piring tersebut sebagai hadiah dari Saudagar cina. Dulu pernah ada mitos, ketika jalan raya di depannya mau di perlebarkan. gapura harus di bongkar, tetapi setelah di ukur ulang tiba-tiba gapura seolah-olah bergeser, sehingga tidak menghalangi perlebaran jalan.

Mimbar Masjid
Masjid ini pun mempunyai Mimbar untuk Khotbah, yang menurut cerita orang-orang tua dahulu Mimbar tersebut di buat oleh seorang wali yang sekaligus membangun Masjid Jami’ Baiturrohman I Robayan. Dahulu pintu masjid sempit dan kecil, seorang wali tersebut membuat Mimbar Khotbah di luar Masjid. Setelah Mimbar Jadi, ternyata ukurannya lebih tinggi dan besar daripada pintu masjid, Tetapi Wali tersebut bisa memasukan lewat pintu tersebut dengan mudahnya dan dapat di letakkan di bagian utama Masjid. (wikipedia)

paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Masjid Jami' Baiturrohman 1 Robayan

Related Posts

No comments:

Post a Comment