Saturday, November 17, 2012

Paket Tour Sulawesi Tengah

| Saturday, November 17, 2012
paketours.blogspot.com > pariwisata > indonesia > Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah - Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukotakan Palu. Sulawesi Tengah kaya akan budaya yang diwariskan secara turun-temurun. Tradisi yang menyangkut aspek kehidupan dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kepercayaan lama adalah warisan budaya yang tetap terpelihara dan dilakukan dalam beberapa bentuk dengan berbagai pengaruh modern serta pengaruh agama.

Karena banyak kelompok etnis mendiami Sulawesi Tengah, maka terdapat pula banyak perbedaan di antara etnis tersebut yang merupakan kekhasan yang harmonis dalam masyarakat. Mereka yang tinggal di pantai bagian barat kabupaten Donggala telah bercampur dengan masyarakat Bugis dari Sulawesi Selatan dan masyarakat Gorontalo. Di bagian timur pulau Sulawesi, juga terdapat pengaruh kuat Gorontalo dan Manado, terlihat dari dialek daerah Luwuk dan sebaran suku Gorontalo di kecamatan Bualemo yang cukup dominan.

Peta lokasi Sulawesi Tengah

Ada juga pengaruh dari Sumatera Barat seperti nampak dalam dekorasi upacara perkawinan. Kabupaten Donggala memiliki tradisi menenun kain warisan zaman Hindu. Pusat-pusat penenunan terdapat di Donggala Kodi, Watusampu, Palu, Tawaeli dan Banawa. Sistem tenun ikat ganda yang merupakan teknik spesial yang bermotif Bali, India dan Jepang masih dapat ditemukan.

Sementara masyarakat pegunungan memiliki budaya tersendiri yang banyak dipengaruhi suku Toraja, Sulawesi Selatan. Meski demikian, tradisi, adat, model pakaian dan arsitektur rumah berbeda dengan Toraja, seperti contohnya ialah mereka menggunakan kulit beringin sebagai pakaian penghangat badan. Rumah tradisional Sulawesi Tengah terbuat dari tiang dan dinding kayu yang beratap ilalang dan hanya memiliki satu ruang besar. Lobo atau duhunga merupakan ruang bersama atau aula yang digunakan untuk festival atau upacara, sedangkan Tambi merupakan rumah tempat tinggal. Selain rumah, ada pula lumbung padi yang disebut Gampiri.

Buya atau sarung seperti model Eropa hingga sepanjang pinggang dan keraba semacam blus yang dilengkapi dengan benang emas. Tali atau mahkota pada kepala diduga merupakan pengaruh kerajaan Eropa. Baju banjara yang disulam dengan benang emas merupakan baju laki-laki yang panjangnya hingga lutut. Daster atau sarung sutra yang membujur sepanjang dada hingga bahu, mahkota kepala yang berwarna-warni dan parang yang diselip di pinggang melengkapi pakaian adat.

Berikut Objek Wisata berdasarkan Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah :
  1. Kabupaten Banggai
  2. Kabupaten Banggai Kepulauan
  3. Kabupaten Buol
  4. Kabupaten Donggala
  5. Kabupaten Morowali
  6. Kabupaten Parigi Moutong
  7. Kabupaten Poso
  8. Kabupaten Sigi
  9. Kabupaten Tojo Una-Una
  10. Kabupaten Tolitoli
  11. Kota Palu
Beberapa Objek Wisata di Sulawesi Tengah
  • Pasir Putih Paleleh
  • Batu Susun, Pantai Lakea
  • Pantai Talise
  • Taman Nasional Lore Lindu
  • Danau Poso
  • Taman Wisata Wera
  • Gua Latea
paketours.blogspot.com > pariwisata > indonesia > Sulawesi Tengah

Related Posts

No comments:

Post a Comment