Catat Nih! Aneka Transportasi Murah Menuju Surabaya

paketours.blogspot.com > informasi wisata > Catat Nih! Aneka Transportasi Murah Menuju Surabaya

Catat Nih! Aneka Transportasi Murah Menuju Surabaya - Surabaya, Berkunjung ke Surabaya tak perlu bujet terlalu besar. Tersedia beragam transportasi mulai dari darat, laut, udara yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia. Berikut opsi-opsi termurahnya.

Jembatan Merah yang bersejarah di Surabaya 
(Budi Sugiharto/detikTravel)

Dihimpun detikTravel, Kamis (14/3/2013) berikut aneka transportasi menuju Surabaya:

1. Pesawat
Bandara Internasional Juanda melayani penerbangan rute domestik dan luar negeri. Wisatawan bisa naik Merpati, Mandala, Citilink, AirAsia, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Jetstar, sampai Cathay Pacific.

Maskapai AirAsia, selain menghubungkan Surabaya dengan kota-kota lain di Indonesia, juga melayani rute langsung ke Kuala Lumpur dan Johor Bahru. Cathay Pacific terbang rutin setiap hari dari dan menuju Hong Kong.

Lion Air melayani rute domestik mulai dari Ambon, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Jakarta, Makassar, Manado, Mataram, Ternate, dan Yogyakarta. Mandala dan Merpati Airlines juga melayani rute domestik antara lain Denpasar, Balikpapan, Jakarta, Batam, Malang, Semarang, dan Solo.

Traveler yang berangkat dari Jakarta bisa mendapatkan tiket termurah mulai Rp 229.000 (Merpati Airlines). Harga tersebut berdasarkan pencarian detikTravel di situs wego.co.id untuk penerbangan tanggal 8 April 2013 (Senin) dan 13 April 2013 (Sabtu). Baik hari kerja maupun akhir pekan, harga kursi Merpati Airlines rute Jakarta-Surabaya sama saja.

Opsi murah lain untuk rute Jakarta-Surabaya tanggal 13 April 2013 (Sabtu) yakni Citilink (Rp 351.000) dan AirAsia (Rp 358.000).
2. Kereta
Dua stasiun besar di Surabaya adalah Gubeng dan Pasar Turi. Wisatawan bisa memilih kereta mulai dari kelas ekonomi sampai eksekutif. Kereta-kereta ini menghubungkan Surabaya dengan kota-kota di wilayah Jawa Barat seperti Bandung, Jakarta, Cirebon, dan kota-kota di Jawa Tengah. Ada pula kereta yang menghubungkan Surabaya dengan kota di Jawa Timur seperti Banyuwangi.

Dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta, opsi termurah adalah kereta ekonomi Gumarang (Rp 170.000) yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Pasar Turi. Kereta ini berangkat pukul 18.05 WIB, tiba di Surabaya pukul 05.50 WIB esok paginya.

Opsi lain yaitu kereta Argo Bromo Anggrek Pagi, Sembrani, Argo Bromo Anggrek Malam, dan Bima. Semuanya berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Pasar Turi, kecuali Bima yang menuju Stasiun Gubeng. Harganya mulai dari Rp 325.000-Rp 385.000 dengan waktu keberangkatan dari Jakarta antara pukul 09.30 sampai pukul 21.30 WIB.

Traveler dari Bandung bisa naik kereta Mutiara Selatan (Rp 120.000, kelas bisnis) juga Turangga dan Argowilis. Dari Yogyakarta terdapat kereta Sancaka, Rp 50.000 untuk kelas bisnis dan Rp 80.000 untuk kelas eksekutif. Anda yang berdomisili di Banyuwangi bisa naik kereta Mutiara Timur, Rp 60.000 untuk kelas bisnis dan Rp 80.000 untuk kelas eksekutif.
3. Bus
Walaupun biasanya bus jadi alat transportasi termurah, tak ada bus ekonomi untuk jurusan Jakarta-Surabaya dan sebaliknya. Terminal bus utama di Surabaya adalah Purabaya. Traveler dari Jakarta bisa berangkat dari Terminal Pulogadung, Terminal Lebak Bulus, atau Terminal Kampung Rambutan.

"Bus ke Surabaya tidak ada yang ekonomi. Semuanya memang eksekutif," tutur Wawan, customer service Terminal Pulogadung saat dihubungi detikTravel.

Mayoritas bus menyediakan kelas eksekutif untuk rute Jakarta-Surabaya. Yang paling sering dinaiki traveler adalah Malino Putra, Pahala Kencana, Safari Dharma Raya, dan Kramat Djati. Harga bus eksekutif Jakarta-Surabaya berkisar antara Rp 200.000-Rp 250.000.

"Jurusan Jakarta-Gresik-Surabaya harganya Rp 210.000 lengkap, sudah termasuk snack dan selimut," tutur customer service Malino Putra.
4. Kapal PELNI
Adanya Pelabuhan Tanjung Perak menjadikan kapal laut sebagai salah satu transportasi dari dan menuju Surabaya. Kapal PELNI melayani berbagai tujuan dari Surabaya, dari Indonesia bagian barat sampai timur.

Beberapa tujuan kapal PELNI dari Surabaya yakni Ambon, Balikpapan, Banda, Biak, Ende, Fak-fak, Jakarta, Jayapura, Kupang, Labuan Bajo, Makassar, Manokwari, Nabire, Natuna, Pare-pare, Samarinda, Sorong, Ternate, sampai Merauke.

Harganya beragam tergantung tujuan. Orang dewasa, anak-anak, dan bayi juga dikenai biaya berbeda per orangnya. Kapal PELNI dari Tanjung Priok Jakarta misalnya, untuk kelas ekonomi orang dewasa dikenai biaya Rp 187.000. Anak-anak Rp 43.000, sementara bayi Rp 24.000.
sumber :
http://travel.detik.com/read/2013/03/14/074444/2193445/1382/catat-nih-aneka-transportasi-murah-menuju-surabaya?vt22021381
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...