Friday, March 22, 2013

Jembatan Akar : Primadona Wisata Sumatra Barat

| Friday, March 22, 2013
paketours.blogspot.com > informasi wisata > Jembatan Akar: Primadona Wisata Sumatra Barat

Jembatan Akar : Primadona Wisata Sumatra Barat - Bila Anda ingin merasakan sensasi berbeda dalam perjalanan wisata Anda, maka datanglah ke Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Terletak lebih kurang 88 kilo meter sebelah selatan kota Padang terdapat jambatan aka (jembatan akar) yang usianya lebih dari 100 tahun.

Menghubungkan antara dua desa yakni Pulut-pulut dan Lubuak Silau, jembatan ini seperti namanya terbuat dari untaian akar. Panjangnya sekitar 30 meter dengan lebar 1 meter. Yang membuatnya unik ternyata jambatan aka tak dibuat menggunakan teknologi modern namun dengan tangan manusia dan alam.


Diyakini Pakiah Sokan alias Angku Ketek yang terkenal berilmu tinggi dan kerap memberi pengajian ialah sosok yang berada dibalik kehadirannya. Pakiah memiliki ide untuk membuat jembatan akar setelah jembatan bambu yang digunakan warga mudah hancur diseret air bila sungai Batang Bayang meluap.

Dengan menanam pohon beringin dan asam kumbang di kedua pangkal titian, lama lama keduanya pun tumbuh. seiring berjalannya waktu akar dari pohon tersebut memanjang hingga dapat dililitkan pada titian bambu tadi.

Sejak dibuat pada 1890, keberadaanya justru baru dapat digunakan oleh warga pada 1916. Butuh waktu 26 tahun untuk merajut akar hingga dapat menjadi jembatan yang kokoh. Kini untuk menjaga keselamatan orang orang yang melewat, pada pegangannya dipasangi tali baja.

Jembatan akar adalah destinasi alternatif melancong di Sumatra Barat. Untuk mendukung kenyamanan para wisatawan yang datang dari luar kota khususnya terdapat fasilitas hotel dan resort.

selain itu terdapat pula sejumlah restoran. Kendati demikian membawa makanan sendiripun tak ada salahnya. Agar bisa dinikmati dibawah pohon pohon rindang disekitar jembatan.

sumber :
sidomi.com

Related Posts

No comments:

Post a Comment