Friday, March 22, 2013

Museum Wayang : Tempat Wisata Jakarta

| Friday, March 22, 2013
paketours.blogspot.com > informasi wisata > Museum Wayang : Tempat Wisata Jakarta

Museum Wayang : Tempat Wisata Jakarta - Terletak di kawasan kota Tua, Museum Wayang adalah salah satu objek wisata yang sayang bila dilewatkan begitu saja bila Anda berkunjung ke Jakarta. Selain harga tiketnya dapat dibilang murah meriah. Andapun bisa mendapatkan wawasan lebih mengenai dunia perwayangan yang mulai dilupakan terutama oleh generasi muda.

Menempati gedung yang pada zaman kolonial disebut dengan de oude Bataviasche Museum atau Museum Batavia Lama, kini Museum Wayang memiliki sekitar 5.147 koleksi. Selain wayang yang berasal dari sejumlah daerah di tanah air seperti Sunda, Jawa, Bali, Lombok dan sumatra. Terdapat pula wayang mancanegara seperti dari Malaysia, Suriname, Perancis, Kamboja, India, Amerika. Inggris, Thailand dan Vietnam.



Museum yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 13 Agustus 1975 ini, dilengkapi oleh sarana pendukung. Misalnya alat musik pengiring gamelan, panggung yang bisa digunakan untuk pertunjukan, alat penerang untuk pagelaran wayang kulit dan sebagainnya.

Untuk menarik minat pengunjung, dilaksanakan pula sejumlah kegiatan oleh pihak pengelola. Seperti pertunjukan wayang, peragaan pembuatan wayang dan peragaan karawitan atau lomba mewarnai serta melukis wayang bagi pelajar.

Wayang Indonesia sendiri telah diakui oleh PBB pada 7 November 2003 sebagai warisan dunia yang patut di lestarikan. Jadi kalau dunia Internasional saja sudah mengakui, kenapa kita tak ikut mengapresiasinya? Berkunjung museum wayang adalah salah satu caranya.

Alamat Museum Wayang
Alamat : Jl Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Kota 11110
Telp : 021 6929560 / 6927289
Website : http://www.museumwayang.com
Email : info@museumwayang.com
Jadwal ; Selasa – Minggu : 09.00 – 15.00 Senin dan hari besar : Tutup
Tiket : Dewasa : Rp 2.000, Mahasiswa : Rp 1.000, Anak-anak : Rp 600
sumber :
http://sidomi.com

Related Posts

No comments:

Post a Comment