Paket Tour Payakumbuh

paketours.blogspot.com > pariwisata > indonesia > sumatera barat > Payakumbuh

Payakumbuh - Kota Payakumbuh adalah sebuah kota di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.


Letak Payakumbuh di Sumatera Barat

Sejarah
Kota Payakumbuh terutama pusat kotanya dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Sejak keterlibatan Belanda dalam perang Padri, kawasan ini berkembang menjadi depot atau kawasan gudang penyimpanan dari hasil tanam kopi dan terus berkembang menjadi salah satu daerah administrasi distrik pemerintahan kolonial Hindia-Belanda waktu itu. Menurut tambo setempat, dari salah satu kawasan di dalam kota ini terdapat suatu nagari tertua yaitu nagari Aie Tabik dan pada tahun 1840, Belanda membangun jembatan batu untuk menghubungkan kawasan tersebut dengan pusat kota sekarang. Jembatan itu sekarang dikenal juga dengan nama Jembatan Ratapan Ibu.

Pariwisata
Kota Payakumbuh dikenal memiliki makanan khas di antaranya botiah dan galamai, selain itu terdapat juga makanan khas lainnya seperti boreh rondang, kipang, rondang boluk, rondang tolua dan martabak tolua. Pada nagari Tiakar dikenal makanan khasnya bernama paniaram yaitu kue dari beras ketan di campur gula enau. Beberapa kawasan wisata di kota ini antara lain Ngalau Indah, Ngalau Sompik, Puncak Simarajo, Panorama Ampangan dan sebagainya. Selain itu pertunjukan Pacu Itik merupakan tradisi yang setiap tahunnya diselenggarakan pada nagari-nagari yang ada dalam kota ini juga menjadi salah satu atraksi pariwisata di kota ini. (wikipedia)  Beberapa objek wisata di sekitar kota Payakumbuh adalah:
  • Jembatan Ratapan Ibu 
  • Surau Dagang Rao-Rao Labuh Baru 
  • Rumah Gadang Kapten Tantawi 
  • Masjid Tuo Koto Nan Ompek 
  • Masjid Gadang Balai Nan Duo Koto Nan Ompek 
  • Rumah Gadang Tuanku Lareh Koto Nan Ompek 
  • Makam Keramat Tanjung Lilin 
  • Perkampungan Tradisional Minangkabau Balai Kaliki Koto Nan Godang 
  • Rumah Museum Tan Malaka 
paketours.blogspot.com > pariwisata > indonesia > sumatera barat > Payakumbuh
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...