Taman Nasional Lorentz Papua, Terbesar di Asia Tenggara

paketours.blogspot.com > informasi wisata >  Taman Nasional Lorentz Papua, Terbesar di Asia Tenggara

Taman Nasional Lorentz Papua, Terbesar di Asia Tenggara - Ingin tahu betapa kayanya keragaman hayati Indonesia? Taman nasional Lorentz dapat menjadi jawabannya. Kawasan yang memilki luas 25 kilo meter persegi ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Yang membuatnya menjadi daerah tujuan wisata adalah karena kekayaan alamnnya yang mengagumkan. Tercatan 639 jenis burung dan 123 mamalia hidup disini. Jenis burung yang khas darinya ialah 2 jenis kasuari, empat megapoda, 31 jenis dara, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemik di antaranya cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (Anurophasis monorthonyx).


Selain itu terdapat pula mamalia, antara lain babi duri moncong panjang (Zaglossus bruijnii), babi duri moncong pendek (Tachyglossus aculeatus), 4 jenis kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon. Lebih jauh kawasan ini merupakan satu diantara tiga daerah di dunia yang memiliki gletser meski terletak didaerah tropis.

Adapun yang keragaman budaya yang terdapat didalamnya tak kalah mengagumkan. Kebudayaan tersebut diperkirakan telah usia 30,000 tahun. Dimana suku Asmat, Nduga, Dani Barat, Amungme dan Sempan tinggal.

Untuk mencapai Taman Nasional Lorentz bisa ditempuh dengan berbagai jalur. Dari kota Timika ke arah utara kawasan dapat menggunakan penerbangan perintis. Sedang jika ingin menuju arah selatannya dapat menggunkan kapal laut melalui pelabuhan Sawa Erma.

Daerah yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh Unesco dan warisan Alam Asean oleh negara negara asean ini, cocok bagi Anda yang gemar berpetualang. Rasa lelah dan penat niscaya hilang seketika begitu menyaksikan pemandangan alamnnya yang menakjubkan.

Kantor : Jl. Raya Abepura Kotaraja PO Box 1217
Jayapura 99351, Papua Barat
Telp. (0967) 581596; Fax (0967) 585529
Tags:,,,,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...