Rumah Budaya Fadli Zon

paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Rumah Budaya Fadli Zon

Rumah Budaya Fadli Zon - Rumah Budaya Fadli Zon diresmikan pada 4 Juni 2011. Rumah ini diresmikan oleh Fadli Zon, seorang Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Taufiq Ismail, dan Irwan Prayitno pada hari Sabtu, 4 Juni 2011. Dengan keinginan Fadli Zon untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai "kantong budaya", maka ia mendirikan rumah budaya ini.

Rumah Budaya Fadli Zon berlokasi di kawasan ruas jalan utama yang menghubungkan Kota Padang-Bukittinggi. Keberadaan bangunan yang mengandung nilai sejarah itu, menarik banyak perhatian dan menambah koleksi bangunan bersejarah di Minangkabau. Rumah ini berdiri di atas lahan seluas 4700 m persegi.


Terdapat setidaknya lebih dari 100 keris Mi­nangkabau yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Sumbar selama bertahun-tahun yang akhirnya di pajang di Rumah Budaya Fadli Zon di Aie Angek, Kabupaten Ta­nah Datar. Koleksi keris tersebut juga diresmikan ke­­beradaannya di Rumah Budaya pada Minggu, 21 Mei 2011.

Menurut penuturan Fadli Zon, ada 700 lebih judul buku bersejarah yang bertemakan Minang, dan barbagai koleksi peninggalan sejarah kuno, seperti Keris luk Sembilan asal Pagaruyung yang dibuat pada abad 18 songket lama, serta sejumlah lukisan kuno. Termasuk fosil kerbau berusia dua juta tahun dan fosil-fosil kayu yang telah menjadi batu yang diletakkan di Rumah Budaya tersebut.

paketours.blogspot.com > pariwisata > objek wisata > Rumah Budaya Fadli Zon
Tags:,

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Informasi Pariwisata Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...